Padang Kota Potensial Investasi dan Pariwisata

Kota Padang mendapatkan penghargaan sebagai  kota yang sehat iklim investasinya oleh PT Tempo Inti Media Tbk dan Frontier Consulting Group. Lembaga bergengsi ini menetapkan Padang sebagai kota dengan potensial investasi untuk koridor Sumatera.

Penghargaan yang dilabeli Indonesia's Attractiveness Award (IAA) 2016 itu diterima langsung Kepala BPMPTSP Kota Padang Didi Ariyadi di Ballroom 2 Hotel Mulia, Senayan, Jakarta. Didi Ariyadi menyebut bahwa hingga saat ini iklim investasi di Padang menunjukkan trend positif.

"Alhamdulillah ini penghargaan yang cukup bergengsi dan luar biasa," ujarnya didampingi Kabag Humas dan Protokol Mursalim serta Kabag Pemerintahan Tarmizi Ismail.

Diakui Didi, Kota Padang masih menjadi tujuan utama untuk menanamkan investasi di Provinsi Sumatera Barat. Beragam investasi yang dapat ditanamkan di Kota Padang.

"Baik itu investasi di sektor pariwisata seperti hotel, restoran dan rumah makan. Selain itu juga di sektor pendidikan seperti perguruan tinggi swasta, dan sektor kesehatan seperti rumah sakit swasta," ujarnya.

Untuk berinvestasi, Pemerintah Kota Padang memberikan kemudahan dan keunggulan kepada investor. Pemko Padang telah memiliki Peraturan Daerah (Perda) tentang insentif untuk investasi. "Perda tersebut Nomor 11 Tahun 2009. Dengan adanya Perda ini, Kota Padang mempunyai keunggulan kompetitif (competitive advantage) dibandingkan daerah lain yang sama-sama menjadi tujuan investasi," tukas Didi.

Di dalam Perda tersebut diatur bahwa investor yang akan menanamkan modalnya di Kota Padang dengan nilai nominal tertentu, dan dengan menyerap tenaga kerja sejumlah tertentu, akan diberikan insentif berupa pengurangan pembayaran pajak dan retribusi terkait usaha yang bersangkutan selama 2 tahun. Pajak dan retribusi dimaksud adalah yang merupakan kewenangan Pemko Padang, seperti IMB, pajak parkir, retribusi izin gangguan, pajak reklame, dan lainnya.

"Keberadaan Perda tentang insentif untuk investasi ini sudah diadopsi juga oleh beberapa pemkot/pemkab yang mengadakan studi banding ke Kota Padang, dan inilah salah satu kunci utama mengapa Kota Padang dinobatkan oleh majalah TEMPO yang bekerja sama dengan Frontier Consulting, sebagai kota potensial untuk investasi di Indonesia selama 2 tahun berturut-turut," papar Didi.

sumber : http://kinciakincia.com

Administrator

“Life will always have a different plan for you. If you don’t give up, you will eventually get to your destination. But towards the end of your life, you may look back and realize that it was never really about the destination; it was the journey that counted.”

Tinggalkan Komentar

Kantor:
Jln. Sudirman No.1
Padang, 25000
Phone: 0751-890719
Fax: 0751-890719
Email: info@bpmptsp.padang.go.id

Langganan ke newsletter kami untuk mendapatkan berita penting dan penawaran terbaik: