BPMPTSP Kota Padang Luncurkan Tanda Tangan Elektronik Untuk Penerbitan Izin

Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (BPMPTSP) Kota Padang meluncurkan tanda tangan elektronik untuk penerbitan izin usaha pada Rabu 30 November 2016.  Aplikasi e-ptsp yang sudah menerapkan signature digital ini merupakan adopsi dari aplikasi Sippadu Kabupaten Sidoarjo.

Sekda Kota Padang Ir. H Asnel dalam peresmiannya menjelaskan, "peluncuran Aplikasi e-PTSP bagian dari program percepatan pelayanan birokrasi. Melalui basis internet tidak perlu lagi alasan SK Izin terlambat karena yang bersangkutan tidak ada di tempat. Melalui pemanfaatan teknologi canggih didukung dengan kemampuan untuk mengakses aplikasi, maka pelayanan lebih cepat dan tepat waktu. Dengan demikian pejabat dapat melakukan banyak hal dalam menyelesaikan tugas".

Sekda Kota Padang juga mengapresiasi atas inovasi yang dilakukan BPMPTSP Kota Padang mulai dari layanan One Day Sevice, Perizinan Sistem Paket dan Tandatangan elektonik ini. "instansi pemerintah dituntut untuk berinovasi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dan juga dituntut untuk meningkatkan kualitas layanan publik melalui transaksi digital". Pungkasnya.

Kepala BPMPTSP Didi Aryadi dalam sambutannya menyampaikan "kendati dalam bentuk digital namun tanda tangan yang dibubuhkan pada surat itu secara hukum dapat dipertangungjawabkan. Dalam Undang-Undang No 11 Tahun 2008 Tentang Informasi dan Transaksi Elektonik tanda tangan digital itu yang sudah masuk dalam sistem".

"Pernah ada yang menanyakan bagaimana jika nanti tanda tangan disalah gunakan. Jangan pernah khawatir, sebab sistem ini sudah mendapatkan pengakuan dan perlindungan sehingga dapat dijamin keamanannya. Kami pelajari ternyata sudah ada undang-undangnya (UU No 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik/ ITE) tentang digital signature. Jadi orang bisa tanda tangan di atas iPad, tablet, atau seperti verifikasi digital. Itu sudah dianggap sah sebagai tanda tangan digital,” tutur Kepala BPMPTSP.

Dalam Acara tersebut hadir perwakilan pemohon dari PT. Parafin Energi Madani ( Adri SH) dan PT. Paradhita Jayatama (Wilsa Yulia) yang menerima SK Izin yang sudah menerapkan tandatangan elektronik.

Administrator

“Life will always have a different plan for you. If you don’t give up, you will eventually get to your destination. But towards the end of your life, you may look back and realize that it was never really about the destination; it was the journey that counted.”

Tinggalkan Komentar

Kantor:
Jln. Sudirman No.1
Padang, 25000
Phone: 0751-890719
Fax: 0751-890719
Email: info@bpmptsp.padang.go.id

Langganan ke newsletter kami untuk mendapatkan berita penting dan penawaran terbaik: